Korban Kekerasan Seksual Didominasi Anak dan Perempuan

SEMARANG-Tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak, seperti kekerasan eksual/pemerkosaan, di Jateng cenderung meningkat.

Karena itu, perlu langkah-langkah antisipatif untuk menekannya. Demikian disampaikan Kabag Pemberdayaan Perempuan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Jateng SP Andriani Sulistyowati SH dalam diskusi BIKK di lantai XI Gedung A Setda, Kamis (2/6). Dia mengungkapkan, korban kasus pemerkosaan dan kekerasan seksual di Jateng selama ini didominasi anak-anak dan perempuan berusia 4-45 tahun.

Setiap tindak kekerasan yang menimpa perempuan dan anak-anak, katanya, memberikan dampak negatif dan traumatis yang hebat bagi kehidupan mereka dalam jangka pendek dan panjang.

“Dampak jangka pendek misalnya cedera fisik, seperti luka-luka, patah tulang, kehilangan fungsi alat tubuh atau indera, dan keguguran kandungan. Khusus untuk anak, dampaknya menyangkut pendidikan dan pertumbuhan, apalagi jika kekerasan terjadi pada kehidupan rumah tangga,” katanya.

Dampak jangka panjang kemungkinan besar bisa kehilangan nyawa, cacat seumur hidup, depresi, gila, retaknya hubungan keluarga, dan kehilangan mata pencaharian. Karena itu, kata Adriani, pemprov telah mengambil berbagai langkah untuk menangani masalah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak yang kasusnya selalu meningkat.

Kebijakan yang telah diambil di antaranya membentuk Tim Koordinasi Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Remaja (TKP2AR) Provinsi Jateng berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur No. 411.4.05/64/2003 Tahun 2003, yang selanjutnya diikuti kabupaten/kota.

Selain itu, membentuk tim penanganan krisis untuk perempuan dan anak korban tindak kekerasan Provinsi Jateng berdasarkan SK Gubernur No 460.05/110/2003 Tahun 2003, yang diikuti kabupaten/kota sebagai upaya membangun jaringan kerja sama antarlembaga nonpemerintah dalam penanganan korban kekerasan perempuan dan anak-anak.

“Bahkan, kami telah membentuk forum komunikasi penanganan krisis terhadap perempuan dan anak di Jateng yang dikoordinasi Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Jateng sebagai operasional dari aspek upaya penanggulangan dan rehabilitasi korban tindak kekerasan, yakni pendirian berbagai pusat krisis bagi perempuan korban tindak kekerasan,” paparnya.

Dia mengatakan, penanganan masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak harus ditegakkan secara serius. Sebab, masalah kekerasan perempuan dan anak selalu meningkat cukup signifikan setiap tahun.

Hal itu terjadi, menurutnya, besar kemungkinan akibat ada pandangan masyarakat yang lebih mengedepankan superioritas pria yang menimbulkan rasa tidak pernah bersalah, yang tercermin dalam sikapnya untuk menguasai perempuan secara psikis dan fisik.

“Sikap dan perilaku ini yang mendorong pria untuk melakukan tindak kekerasan terhadap perempuan, seperti penganiayaan istri yang dilakukan suami, pencabulan, dan pemerkosaan,” kata dia. (G7,G1-34t)

About these ads

One Response to Korban Kekerasan Seksual Didominasi Anak dan Perempuan

  1. Nur Kholis says:

    Kekerasan dalam rumah tangga kurang dinformasikan, karena adanya rasa enggan, malu dan perempuan merasa kurang mandiri, serta sebagian masyarakat belum memahami bahwa kekerasan dlam ru,ah tangga ebagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia. Di samping itu dengan maraknya masalah kekerasan terhadap anak dan perempuan menganggap masalah ini bukan kejahatan, yang bersifat individual akan tetapi merupakan masalah sosial yang juga merupakan fenomena di dunia internasional. berlanjut………………………………….maka sadarlah bagi kaum Adam untuk bertpegang teguh kepada ajaran Islam yang telah dibawa oleh Rasulullah saw. biar selamt di dunia dan akhirat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: