Yosep Vina Dipukuli Majikan

Batam,ST:Satu lagi  korban kekerasan terhadap Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia, Yosep Vina (17) dari Flores NTT, berharap dengan pergi ke Malaysia dapat mengubah hidupnya menjadi lebih baik, ternyata keinginannya hanyalah impian.
Baru kerja tiga minggu di Malaysia, gadis berambut keriting ini, sudah tidak tahan. Karena, majikannya kerab sekali memukul dan menyiksanya. Badannya, banyak terdapat bekas pukulan dan cakaran dari sang majikannya.
”Saya dipukul, karena mop ngga bersih, ini bekas pukulan dan cakaran majikan saya,” ungkapnya, sambil menunjukan bekas luka yang ada di tangannya.
Sebelum mengikuti jejak kedua kakaknya, yang terbilang berhasil menjadi TKW di Malaysia, anak bungsu dari lima bersaudara, ini pernah bekerja di panti jompo di Jakarta.
”Saya berniat kembali kerja di Panti Jompo di Jakarta,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.
Saat. ia menceritakan tentang masa-masa waktu masih duduk di bangku SMP, matanya terlihat berbinar mengenang masa lalu. Ia termasuk gadis yang aktif sekolah, dan selalu juara enam besar.
Semasa SMP, ia dibiayai pemerintah karena selalu menang lomba tolak peluru dan lempar lembing. Ia dua kali menjadi Juara satu tingkat kabupaten dan provinsi dalam bidang olahraga lempar lembing dan tolak peluru.
Ketika, ia duduk di bangku kelas tiga SMP. Gurunya pernah menawarinya untuk ikut PON, tetapi ia tolak. Karena, ia tidak ingin melanjutkan sekolah di SMA tetapi ingin masuk Akper.
Karena, papanya meninggal pada tahun 2002, mamanya yang hanya ibu rumah tangga tidak mampu untuk membiayai sekolahnya. Sebab itu, ia berniat untuk tidak melanjutkan sekolah dan memilih ke Jakarta Barat untuk kerja di sana.
Berhubung, bibinya tinggal di sana, maka ia di izinkan untuk ke Jakarta. Ambisinya untuk sekolah akper masih tersimpan di hatinya. Karena, kendala tidak ada biaya, ia tidak bisa mewujudkan cita-citanya.
”Saya masih ingin masuk sekolah Akper dan menjadi atlit,” ujarnya mengakhiri pertemuan. (cr12/pmbatam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: