TKW Disiksa 6 Majikan

PINANG,ST:Februari tahun lalu, Sulastri (25) meninggalkan Jakarta dengan perasaan bangga. Ia akan menjadi TKW di Malaysia dan nanti bisa pulang membawa ringgit yang banyak. Selasa (14/2) kemarin, wanita asal Desa Luhur Jaya, Lebak, Provinsi Banten ini kembali menginjakkan kaki ke tanah air, melalui pelabuhan Sri Bintanpura, Tanjungpinang.
Namun bukan kegembiraan yang dirasakannya. Ia justru berjalan lunglai, lemah, tatapannya kosong. Untung ada Ibu Yani, warga kota Pinang, yang bersedia menampungnya.
Sulastri adalah TKW yang mengalami siksaan batin serta fisik oleh majikan-majikannya. Sewaktu berangkat ia dijanjikan sebagai pembantu rumah tangga dengan gaji 400 ringgit per bulan. Sayang, Sulastri bahkan tak pernah tahu, seperti apa uang sebanyak 400 ringgit Malaysia dan bagaimana rasanya memegangnya.
Setelah setahun bekerja di Malaysia, Sulastri hanya membawa pulang uang sebesar Rp370 ribu. Seluruh gaji, pakaian, dan anting-anting yang dimilikinya, ditahan oleh rekanan agen PJTKI yang memberangkatkannya.
”Mereka bilang kalau dibawa nanti bisa tertinggal di kapal dan gaji saya cuma dipotong enam bulan. Tapi saya hanya dikasih Rp370 ribu, dan diantarkan ke pelabuhan dan disuruh pulang sendiri,” tutur Sulastri.
Menurutnya, selama bekerja di Johor Bahru-Malaysia, Sulastri sempat memiliki enam majikan. Gadis yang cuma tamat SD dan hanya bisa mengerjakan pekerjaan rumah itu, dioper dari satu majikan ke majikan lainnya.
Selain tak pernah memegang gaji atas keringatnya sendiri, Sulastri juga mengaku sering diperlakukan kasar oleh sang majikannya. Salah sedikit saja kepalanya langsung dihajar pot bunga, atau paling ringan kena tampar dan hal itu terjadi hampir pada semua majikannya yang pernah di ikuti
Sulastri mengaku majikannya melemparkan dirinya ke agen kalau sudah kesal pada dirinya. Kemudian agen mencarikan lagi majikan baru baginya, begitulah seterusnya sampai akhirnya ia bekerja pada seorang pemilik toko pakaian. Majikan keenamnya ini, Sulastri bekerja sebagai pembantu di dua tempat. Setiap hari Selasa dan Sabtu, wanita ini bertugas merawat anjing peliharaan majikan di rumah.
Selain dua hari itu, ia berada di toko untuk membantu segala pekerjaan di toko pakaian majikannya itu. Jika sedang berada di toko, Sulastri hanya makan sekali sehari pada pukul 21.00.
”Kadang juga makan dua hari sekali, dan setelah badan menggigil barulah majikan membelikan nasi bungkus. Pernah saya juga tak dibolehkan tidur, walau tak ada pekerjaan yang harus saya kerjakan lagi. Saya hanya disuruh duduk-duduk di kamar, tapi tak boleh tidur,” kata Sulastri dengan memelas.
Namun berbagai perlakuan tak manusiawi itu, belum cukup hebat untuk membuat Sulastri berhenti berharap menuai ringgit. Sampai akhirnya ia dituduh mencuri uang, dan majikannya mengembalikan Sulastri ke agen. Majikannya memberikan gaji Sulastri kepada supir yang mengantarkannya, dan supir itu menyerahkan gajinya ke agen, dan pihak agen pernah menanyakan apakah dirinya masih ingin kerja lagi.
Keteguhan Sulastri akhirnya goyah, ia memilih pulang. Setelah memberi uang sebesar Rp370 ribu, agen PJTKI itu mengantarkannya ke pelabuhan Sei Tulang Laut. Hingga berkat bantuan salah seorang warga Tanjungpinang Sulastri bisa sampai di Tanjungpinang dengan selamat”Saya malu hanya pulang dengan membawa uang Rp370 ribu setelah setahun bekerja di Malaysia,”ujar wanita ini.
Padahal menurut Sulastri orang tua sudah banyak berhutang untuk mengurus keberangkatan dirinya ke Malaysia. Hanya satu yang disyukurinya, ia bisa pulag selamat ke tanah air. Tak lupa ia berterima kasih kepada Ibu Yani. (oni/pmbintan)

2 Responses to TKW Disiksa 6 Majikan

  1. salsa says:

    Tak berperikemanusiaan, tak memiliki otak, entah apa maksudnya. Hak para majikan, ingatlah pembantu juga manusia bukan mesin apalagi hewan yang pasrah jika ditindas!

  2. wargabanten says:

    TKW disiksa… Majikan Tdk Berperi kemanusian…. Penjara yang pantas buat nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: