11 TKW Kabur dari Malaysia

Batam,ST:Sebelas Tenaga Kerja Wanita melarikan diri dari majikannya di Malaysia. Lagi-lagi, alasannya karena tak digaji, sering dimaki dan dipukul. Rabu (1/2) siang, mereka tiba di penampungan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam.
Wajah ke-11 wanita malang itu terlihat murung saat di ruang penampungan Dinsos. Sebagian duduk-duduk dengan pandangan kosong. Sebagian yang lain baring-baring dengan kondsisi yang juga terdiam.
Salmah (25) menuturkan, ia terpaksa melarikan diri dari majikannya di Johor Malaysia karena merasa sudah tak kuat dengan perlakuan tak manusiawi sang juragan. Wanita asal Jawa Barat itu mengaku, sudah hampir empat bulan bekerja, tapi tak digaji. Apesnya lagi, wanita berambut lurus itu tak hanya dimaki, tapi juga dipukul ketika melakukan kesalahan.
Kekejian itulah yang membuat wanita berkult sawo matang itu merasa tak kuat lagi. “Siapa yang kuat kerja, kalau tak digaji, dimaki, dipukuli? Hampir setiap hari,” ucap Salmah dengan mata berkaca-kaca.
Perlakuan tak jauh beda juga dialami Komariah (24). Niat wanita asal Jawa Barat untuk mengais rizqi di negeri orang itu justru menjadi bumerang. Selama bekerja tiga bulan, wanita berbadan ramping itu mengaku belum pernah mendapat gaji.
Tak hanya itu, niatnya mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik, justru selalu menjadi malapetaka. “Apapun yang saya lakukan pasti salah. Ngepel lantai, salah. Nyetrika salah. Menguras dan membersihkan bak mandi pun, dianggapnya salah juga. Semua yang saya lakukan, jadi blunder,” kata Komariah kesal.
Menurut Zulfikar, Kepala Bidang Bantuan dan Pembinaan TKI Bermasalah Dinsos Kota Batam, para TKW bermasalah tersebut rencananya akan dipulangkan segera. “Kita usahakan bisa kita pulangkan cepat. Tapi, kita masih tunggu dananya dulu,” ujar Zulfikar.(cr6/pmbatam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: