Sebulan, Calon TKW Cuma Makan Daun Ubi

Batam, ST: Sudah satu bulan delapan calon tenaga kerja wanita (CTKW) asal Indonesia, itu disekap. Salah satu rumah berlantai dua di Perumahan Ocean Park Marina City, Batuaji, menjadi tempat penyekapan delapan cewek asal Cianjur, Jawa Barat itu.

Minggu (8/10) sore, jajaran Polsekta Sekupang, langsung menggerebek rumah yang dijadikan tempat penampugan itu usai mendapat informasi dari warga. “Kita gerebek mereka tidak memiliki dokumen lengkap. Akhirnya mereka kita bawa ke kantor (Polsekta Sekupang) untuk dimintai keterangan,” ujar Kapolsekta Sekupang melalui Kanit Reskrim Iptu bobby Indra P, kepada wartwan, Senin (9/10) di ruang kerjanya.

Delapan wanita itu adalah, Siti (16) yang umurnya disulap menjadi 20 tahun di Paspornya. Ketujuh lainnya, Tita (19) disulap menjadi 21 tahun. Hani, Suryani dan Niak (19) disulap menjadi 25, 25 dan 22 tahun. Tini (20) disulap menjadi 24 tahun. Serta Sumiati dan Anyi Maskanah (20) disulap men jadi 25 tahun.

Usai diperiksa, selain tidak memiliki dokumen resmi sebagai CTKW yang akan diberangkatkan ke Malaysia, satu dari kedelapan cewek itu juga diketahui di bwah umur. “Pertama kita amankan karena tidak ada dokumen. Tapi, tadi pagi (Minggu), mereka akhirnya mengaku usia aslinya. Mereka ada yang di bawah umur,” papar Bobby Indra.

Meski megamankan kedelapan cewek malang itu, namun polisi tidak mengamankan orang yang diduga sebagai pelakunya. “Itulah. Awalnya mereka (para CTKW) mengaku paspornya masih dibuat di Jakarta. Eh, tahunya di kantor ada yang di bawah umur. Kalau mereka mengaku dari kemarin kita sudah amankan,” tukasnya.

Kini, polisi sedang mendalami kasus tersebut. PT Ceger, yang berada di Jakarta yang disebut-sebut sebagai agen yang menampung delapan CTKW itu, kin dalam kejaran polisi. “Kita akan kembangkan kasus ini. Yang jelas informasinya sudah ada lima orang yang diberangkatkan,” ungkap Kanit Reskrim itu. (for)

>>>> Janjinya ke Singapura

Delapan CTKW itu semula dijanjikan ke Negara Singapura. Mereka rencananya akan dibawa ke negeri itu sebagai pembantu rumah tangga (PRT). Kedelapan cewek yang rata-rata tak lulus Sekolah Dasar (SD) itu akhirnya hanya bisa gigit jari. Pasalnya, janji semula sudah melenceng. “Katanya dibawa ke Singapura. Eh, sampai di sini (Batam) katanya akan dibawa ke Malaysia. Tak jelaslah,” ucap Tita di kantor polisi yang dibenarkan beberapa temannya.

Sebelum dibawa ke Batam, mereka juga mengaku sudah ditampung di Jakarta selama sebulan. “Sebelumnya sudah di Jakrta sebulan. Di sana (Jakarta) juga disekap seperti di sini,” ungkap Hani.

Kini, delapan cewek yang semuanya asal Cianjur itu, hanya bisa pasrah. Mereka rata-rata menginginkan pulang kampung. “Kalau sudah begini jadi takut saya. Saya pengen balik ke rumah (kampung halaman) saja,” tukas Hani, satu-satunya cewek yang mengaku sudah disekap empat bulan di salah satu Perumahan Ocen Park, Marina City. (for)

>>> Hanya makan godong singkong

Tita dan teman-temannya akhirnya blak-blakan kepada polisi dan wartawan. Selama disekap disekap di kawasan Marina City, para cewek itu mengaku tidak merasa sejahtera. Meski mengaku tidak pernah disiksa penjaga atau pemilik rumah penampungan itu, mereka mengaku hanya makan godong singkong (daun singkong). “Setiap hari kami disuruh cari godong singkong sampai ke parit-parit. Setiap hari hanya makan itu,” cetus Niak yang mendapat anggukan teman-temannya.

Meski mengaku terkadang makan nasi, mereka tetap saja merasa sengsara ketika berada di tempat penampungan itu. “Kami tidak boleh keluar rumah. Kami disekap di rumah itu. Payah di sana (Tempat penampungan),” kenang Hani sedih.

Kini hanya harapan bisa pulang kampung yang ada dalam pikiran cewek-cewek malang itu. Harapan bisa mengaiz rizqi di negeri orang, punah sudah. Mereka hanya pasrah. Tanah dan bumi negeri sendiri akhirnya menjadi sandaran mereka mencari rizqi. (for)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: