Perempuan Seharga HP?

SEKUPANG, METRO: Gadis ini ketakutan saat diwawancara wartawan. Ia pun menutupi wajahnya. Setelah tahu, ia akan diwawancarai, ia pun memberanikan diri duduk diantara beberapa wartawan. Herkulana alias Elis (19), begitu ia menyebutkan namanya. Gadis asal Pontianak ini adalah korban kekejaman negeri Jiran.
Senin (12/2) siang, bersama delapan temannya yang senasib, Elis menerima pembinaan di Shelter, Sekupang. Elis bukanlah budak. Ia mengaku berangkat ke Malaysia melalui sebuah penyalur tenaga kerja. Tapi ia sendiri tak tahu nama perusahaan yang dimaksud.
Satu tahun tujuh bulan, dara kelahiran 17 Juni 1987 ini mengabdikan diri sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia. “Saya tak digaji dan bekerja pada dua majikan,” katanya.
Sesaat kemudian, ia kembali menututupi wajahnya. Entah kenapa, tiba-tiba perempuan berkulit putih ini tiba-tiba loncat dari kursinya dan ngacir dari pertanyaan wartawan. Jelas semua yang ada di ruang tamu Shelter itu jadi kebingungan.
“Mungkin ia masih trauma,” jelas Nurmadiah, Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kota Batam. Nah, usut punya usut, ternyata Elis masih tertekan atas penderitaan yang dialaminya di Malaysia.
Selama hampir dua tahun kerja sebagai pembantu, Elis tak pernah menerima upah. Padahal, ia dijanjikan gaji sebesar 2195 Ringgit Malaysia. Tak tahan terus diperbudak, Sabtu (10/2) lalu, ia pun kabur dari rumah majikannya.
Sementara itu, Nurmaidah mengatakan, kasus ini sudah kesekian kalinya terjadi. Nah, untuk mengantispasi terjadi hal serupa, Nurmadiah bersama ibu-ibu penggerak PKK Kota Batam, hari itu memberikan penyuluhan pada korban perbudakan itu.
Para orang tua diminta untuk berhati-hati pada agen tenaga kerja yang tak jelas keberadaannya. Mucikari, panti-panti pijit serta pemilik diskotik, adalah aktor utama trafiking tersebut. “Orang-orang ini perlu diwaspadai,” tegas Nurmadiah.
Hal itu terus terjadi lantaran “kebodohan” korban dan orang tua korban. “Jaman sekarang, dikasih hape, anak perawan pun bisa terjual,” celoteh perempuan yang peduli pada nasib perempuan itu. (izo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: