Ibu Pembunuh Bayi Diganjar 4 Tahun

BATAM, SK: Vonis empat tahun. Itulah putusan yang dijatuhkan majelis hakim untuk Sena, ibu yang tega membunuh bayinya sendiri.

Harapan Sena (18) untuk menghirup udara kebebasaan kandas. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, akhirnya memvonisnya empat tahun penjara, Senin (3/4). Sena pun hanya bisa menangis seiring diketukkannya palu hakim.

Mejelis hakim yang diketuai Salahuddin SH ini menganggap, Sena terbukti memenuhi unsur-unsur yang tertuang dalam pasal 341 KUHP tentang kesengajaan membunuh bayi lantaran takut diketahui orang lain. Ancaman hukuman untuk pasal ini maksimal tujuh tahun penjara.

Hukuman empat tahun yang dialamatkan pada pembantu rumah tangga ini dianggap hakim sudah pantas. “Kita menjatuhi vonis sesuai dengan tuntutan jaksa,” komentar Salahudin saat ditemui usai persidangan. Sementara Sena sendiri masih terlihat sedih duduk di pojok penjara sementara PN Batam.

Ia tak mau berkomentar satu kalimat pun. Hanya saja, di ruang sidang, terpidana ini mengaku menerima putusan tersebut. Seperti yang pernah diberitakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Eny Maryani SH mengancam Sena empat tahun penjara. Hal itu mengacu pada pasal 341 KUHP.

Pembantu rumah tangga (PRT) ini mengaku membunuh bayi yang baru dilahirkannya itu. Senin (20/11) 2006 lalu, ia melahirkan bayi sepanjang 49 cm itu di kamar mandi rumah majikannya di Komplek Kesehatan, Lubuk Baja.

Bayi itu lahir menjelang magrib, sekira pukul 18.00 WIB. Layaknya bayi yang baru lahir, orok itu pun menangis. Takut jika tangisan itu didengar orang lain, Sena pun menutup mulut bayinya hingga tak bernapas.

Selanjutnya, ia memeram mayat bayinya itu dengan sebuah handuk. Keesokan paginya, ia menguburkan bayi itu. “Saya takut jika majikan saya tahu bahwa saya melahirkan anak, padahal saya tak pernah mengaku hamil, selain itu saya merasa tak sanggup untuk menafkahinya,” pengakuan Sena pada sidang sebelumnya. (izo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: