Lima Wanita Ditelantarkan

KARIMUN, SK: ”Sudah tahap lampu merah” pernyataan itulah yang dikatakan ketua Yayasan Kaseh Puan Rina Dwi Lestari, pasalnya dalam akhir tahun 2006 yayasan pemerhati perempuan dan anak ini menemukan 5 wanita yang ditelantarkan dan ternyata sudah dalam kondisi kritis.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata 5 wanita tersebut menderita penyakit HIV/AIDS. Dan setelah dimintai keterangannya kelima wanita ini berasal dari panti pijat–Massage– yang ada di Kabupaten Karimun.

Hal ini menjadikan pertanyaan dugaan bahwa Panti Pijat saat ini hanya menjadi kedok dalam melakukan praktek protitusi dengan berbagai cara.
Hal ini ditanggapi Rina, ia mengatakan melihat bentuk dari panti pijat tersebut sangat memungkinkan, yang pertama pemijat yang rata-rata wanita bisa melakukan pekerjaannya di hotel-hotel atau diluar lokasi ia bekerja.
”Hampir sama dengan wanita panggilan, ini sangat terlihat fullgar sekali dimata kita, seolah-olah sudah dilegalkan,” ujar Rina.

Dinyatakannya dengan perubahan pangsa pasar dalam mempekerjakan PSK secara tersembunyi ini, sangat tidak tutup kemungkinan cepatnya pertumbuhan penyakit membahayakan tersebut.

”Karena sulitnya mengontrol para pekerja dengan kedok itu, selain itu pemasok wanita-wanita dari desa-desa tersebut sangat terkordinasi, dan  seolah-olah sulit dijamah hukum yang berlaku, padahal sudah jelas dilihat siklus masuknya wanita dari luar Karimun yang selalu terjadi dalam 2 minggu sekali, dimana terdapat sekitar 5 wanita yang masuk ke Karimun dengan dijanjikan kerja di restoran atau panti pijat, namun nyatanya mereka dipaksa melayani laki-laki, seperti 5 wanita yang kita temukan terlantar tersebut,” ujarnya lagi.

Dari lima wanita tersebut, dua diantaranya sudah meninggal dunia kemarin, dan tidak tahu dimana keluarganya. Kini jenazahnya sudah dimakamkan.
Data yang tercatat di yayasan Kasehpuan dalam tahun 2006 hingga kini sudah sekitar 27 ODHA dengan rincian 23 wanitan, 2 lelaki balita dan 2 waria. Kebanyakan mereka terjangkit dari hubungan seksual dan tidak tutup kemungkinan dari darah atau jarum suntik atau obat-obatan terlarang serta dari ibunya dimasa kandungan.(ria)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: