Cegah Trafficking dengan Mencegah Perekrutannya

KARIMUN, SK: Kabupaten Karimun, wilayah yang berdekatan dengan negara Singapur dan Malaysia menjadi momok dalam kasus-kasus perdagangan manusia baik lokal maupun antar negara. Untuk itu harus dicegah sedini mungkin.

Menanggapi hal ini, Kapolda Kepri Brigjend Pol Sutarman yang dikonfirmasi Posmetro mengatakan penindakan oknum atau pelaku perdagangan wanita harus tegas.

”Dan saat ini kita sudah sering melakukan penggagalan terhadap pelaku-pelaku perdagangan manusia tersebut. Dimana kita sudah menelusuri orang-orang yang menjadi dalang utamanya yaitu kita cegah dari perekrutnya,” jelas Sutarman.

Dirasakan Sutarman, requitmennya tersebut yang harus diberantas dahulu, dari sana faktor utamanya dari sana juga akan terbongkar sindikat-sindikat perdagangan manusia tersebut baik anak-anak maupun wanita yang akan dipekerjakan sebagai pekerja seks dengan bermacam kedok yang selama ini terjadi.

Dinilainya juga pihaknya sudah melakukan hal itu, dan telah banyak mengungkap kasus-kasus tersebut seperti yang dilakukan di Tanjungpinang, Batam termaksud di Karimun.

Bahkan orang nomor satu di Polda Kepri ini mengatakan perdagangan manusia antar negara juga sedang diupayakannya untuk diberantas dengan melakukan hal yang sama.

Seperti data yang diperoleh Posmetro dari salah satu yayasan perlindungan kaum hawa di Karimun tersebut bahwa masuknya wanita-wanita di Karimun selama ini sangat terkordinir, bahkan masuknya wanita-wanita dari desa-desa di luar Karimun luar biasa
jumlahnya.

”Dua minggu sekali, 4-5 orang yang dibawa ke Karimun dengan berbagai cara untuk melegalkan masuknya wanita-wanita tersebut,” terang Rina Dwi Lestari, selaku ketua yayasan perlindungan wanita ini kepada Posmetro kemarin. (ria)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: